Rabu, 15 Juli 2009

Groove

Groove, anda mungkin sering dengar ini. Tapi apa sebenarnya groove? Groove termasuk salah satu bagian terpenting dalam bermain drum. Saya akan tunjukan groove yang sangat dasar tapi powerful untuk mengembangkan permainan anda baik untuk pemula ataupun tingkat lanjut dalam hal tempo, ke-konstan-an. Tapi sebaiknya anda sudah mengerti not balok dan cara menghitungnya. Perhatikan notasi berikut:

groove01

Sederhana bukan? Saya sarankan dalam latihan groove ini sebaiknya anda menghilangkan rasa bosan dan berfokus pada hasil yang akan anda dapat. Nikmati saja. Percaya saja apa yang saya katakan latihan ini bermanfaat. Lakukan selama-lamanya atau minimal 5 menit sehari. Anda akan rasakan perubahan yang mencolok dalam waktu seminggu.

Setelah itu anda bisa coba dengan groove seperti berikut atau dengan groove yang lain yang lebih kompleks.

groove02

Groove yang lain akan terasa lebih mudah anda mainkan setelah anda melakukan latihan groove dasar yang pertama tadi. Anda tahu kenapa? Karena dengan latihan groove dalam waktu yang lama ketukan akan terasa dalam jiwa anda, anda merasakan ketukan itu ada dan mungkin saja seolah anda mendengarnya. Tapi yang perlu diingat latihlah dari tempo yang lambat dan perlahan tambat kecepatan dan gunakan metronome.

Jadi anda sudah mengerti groove? Mungkin  anda sering dengar komentar “drummernya kurang nge-groove”. Itu karena tempo atau powernya kurang konstan. Jika tempo dan power anda konstan groove yang sederhana sekalipuna akan terasa enak di dengar dan bisa membuat pendengar bergoyang.

Konsep latihan groove ini sederhana. Anda akan menjadi ahli untuk sesuatu yang dilakukan berulang-ulang dalam waktu yang lama dan semuanya soal pengalaman.

Ok, bro saya kira cukup untuk pengetahuan groove. HAVE A NICE GROOVING!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Roblox Corridor of Hell With The Pro