Selasa, 28 Juli 2009

Time Signature

Time Signature digunakan untuk menentukan berapa ketuk dalam satu bar (birama). Pasti anda pernah mendengar 4/4, 2/4, 3/4.  Itulah time signature...
Pada partitur drum atau musik time signature teletak pada awal setiap sheet. Atau setelah clef (tanda kunci, G, C, F) Perhatikan gambar berikut:

time signateure_3_quarter_time
Pada gambar di atas time signature nya adalah 3/4 setelah kunci G.

Time Signature dalam sebuah lagu bisa berubah ubah misalnya pada bar pertama hingga bar keempat time signature nya 4/4 kemudian pada bar kelima 5/4 dan lain-lain.



Jika anda penggemor rock progressive pasti tahu Dream Theater. Pada umumnya lagu-lagu Dream Theater menggunakan Odd Time Signature yaitu time signature yang tidak lazim sepert 7/8, 9/8, 11/8 dan sebagainya.

Ok, kita mulai dengan 4/4. Time signature 4/4 artinya dalam satu bar cukup memuat 4 not 1/4, sedangkan 1 not 1/4 bernilai satu ketuk, sehingga dalam satu bar dengan time signature 4/4 berjumlah 4 ketuk.

Time signature 3/4 berarti dalam satu bar cukup memuat 3 not 1/4, sehingga dalam 1 bar hanya terdapat 3 ketuk karena 1/4 mewakili 1 ketuk. Sudah jelas?

Bagaimana dengan 2/4? pasti anda bisa donk?

Bagaimana dengan 7/8? Hmm...7/8 termasuk Odd Time Signature, mungkin anda bisa menebak apa arti time signature 7/8. Yaa....dalam satu bar bisa memuat 7 not 1/8.

Lalu berapa ketuk dalam satu bar?

Ingat not 1/8 bernilai 1/2, jadi tinggal kalikan saja 7 dengan 1/2 hasilnya? ya 3,5 ketuk. Wah...wah...gimana maen 3,5 ketuk? Jika anda pemula mungkin agak susah.

Ok, jika anda sudah tahu How To Count Note, perhatikan. Untuk menghitung not 1/8 kita menggunakan:

one   and   two  and   three   and   four   and

untuk time signature 4/4, sedangkan untuk time signature 7/8

one   and   two   and   three   and   four

Apa bedanya? Untuk time signature 7/8 and at four dihilangkan. 4/4 dan 7/8 apa hubungannya? Ya tentu saja ada hubungannya.

Setiap not 1/4 nilainya sama dengan 2 not 1/8 sehinggan 4/4 sama dengan 8/8. Jadi kalo mau memainkan time signature 7/8 tinggal buang saja 1 not 1/8 nya.

Ok, bro Saya kira jelas untuk time signature untuk yang lainnya coba anda cari sendiri jika ada pertanyaan kirimkan comment anda thanks.

3 komentar:

  1. bang gw minta tolong u add fb u dong, biar enak w tanya" ke u nya??
    gw bingung ama pelajaran u??
    susah buat gw cerna???
    neh fb w bang, sahranjumaed@yahoo.com.
    sahranjumaed@yhoo.com.

    BalasHapus
  2. Lho gak ada tuh sahranjumaed@yahoo.com???

    BalasHapus

Roblox Corridor of Hell With The Pro